Tuesday 21 May 2013

Soal Matematika ( Jaring-jaring Balok)

Informasi Halaman :
Author : Edy Krismi di
Judul Artikel : Soal Matematika ( Jaring-jaring Balok)
URL : http://ekhi04.blogspot.com/2013/05/soal-matematika-jaring-jaring-balok.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!
Buatlah jaring-jaring balok berikut apabila panjang, lebar, dan tinggi dari balok tersebut secara berturut-turut memiliki perbandingan 4 : 3 : 2, dan dipotong menurut rusuk-rusuk yang berwarna merah!
Soal Balok
Pembahasan
Untuk lebih mudah dalam mengerjakan soal ini, kita namai balok tersebut sebagai balok PQRS.TUVW.
Soal Balok 2
Setelah balok tersebut diiris menurut rusuk-rusuk yang berwarna merah, yaitu rusuk-rusuk PQ, QU, TU, UV, VR, VW, dan RS, akan terbentuk jaring-jaring seperti berikut.
Jaring-jaring Soal
Untuk mengetahui perbandingan dari panjang, lebar, dan tinggi dari balok, silahkan perhatikan grid pada gambar di atas. Panjang dari balok sama dengan panjang dari rusuk-rusuk PQ, SR, TU, dan WV, yaitu 10 satuan panjang. Lebar dari balok sama dengan panjang dari rusuk-rusuk PS, QR, UV, dan TW, yaitu 7,5 satuan panjang. Sedangkan tinggi balok sama dengan panjang dari rusuk-rusuk PT, QU, RV, dan SW, yaitu 5 satuan panjang. Sehingga, p : l : t = 10 : 7,5 : 5 = 4 : 3 : 2, sesuai yang diminta soal.
Satu hal lagi, kita akan meninjau ruas garis sebagai bingkai dari daerah yang berwarna orange. Ruas garis-ruas garis tersebut memotong rusuk-rusuk PQ, TU, WV, dan SR pada balok. Pada jaring-jaring, ruas garis sebagai bingkai daerah berwarna orange tersebut juga memotong rusuk-rusuk tersebut. Sehingga, jaring-jaring yang kita lukis sesuai yang diminta oleh soal.

Semoga bermanfaat....
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di http://ekhi04.blogspot.com/

0 komentar:

Post a Comment