Tuesday 21 May 2013

Cara Untuk Mencegah Terjadinya Infeksi Pada Luka

Informasi Halaman :
Author : Edy Krismi di
Judul Artikel : Cara Untuk Mencegah Terjadinya Infeksi Pada Luka
URL : http://ekhi04.blogspot.com/2013/05/cara-untuk-mencegah-terjadinya-infeksi.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!
Mencegah Terjadinya Infeksi Pada Luka) – Salah satu fungsi Kulit adalah sebagai penghalang masuknya beberapa macam bakteri kedalam tubuh yang dilengkapi dengan cairan berupa lendir dan zat-zat kimia. Jika kulit rusak, misalnya luka atau lecet, kemungkinan bakteri akan masuk. Sel darah putih keluar dari kapiler untuk melawan bakteri yang masuk. Kalau darah putih tidak dapat bertahan dan mati bersama-sama dengan rusaknya jaringan yang berada disekitarnya, menimbulkan bengkak dan membentuk nanah.
Darah putih menghancurkan bakteri dengan cara menggumpalkan sebelum bakteri masuk kesistem sirkulasi. Jika ada bakteri yang dapat masuk kedalam pembuluh darah dan ikut dengan aliran darah segera ditangkap oleh granulosit di dalam kelenjar limf, limpa dan hati.Darah putih dalam jaringan ini disebut makrofage. Diwarta – Lintas post Untuk mencegah infeksi, luka harus dirawat dengan baik. Luka perlu diberi obat untuk membunuh bakteri. Selain itu, perlu dibalut dengan kain pembalut yang bersih dan steril atau suci hama sehingga bakteri mati. Demikian pula pakaian, tangan dan alat-alat yang lainnya harus steril.
Luka yang agak dalam perlu diberi suntikan anti tetanus serum (ATS) secepat mungkin karena kemungkinan bakteri tetanus masuk kedalam luka. Bakteri tetanus yang masuk kedalam luka akan mengeluarkan toksin tetanus yang sangat berbahaya karena menyerang sistem saraf dan sukar dilawan oleh antibodi di dalam tubuh. Dengan adanya suntikan ATS, bakteri tetanus idak dapat berkembang biak dan akhirnya binasa.

sumber : http://www.g-excess.com
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di http://ekhi04.blogspot.com/

0 komentar:

Post a Comment