Dibawah ini kami sajikan contoh Modul Ajar yang dapat digunakan referensi dalam membuat modul ajar khusus untuk mapel Pendidikan Agama Islam...
ELEMEN 1
PENDIDIK: EDI KRISMI
A. INFORMASI UMUM
1. Identitas Modul (RPP)
- Mata Pelajaran: Pendidikan Agama Islam
- Kelas: 7
- Elemen: 1
- Jumlah Pertemuan: Beberapa kali pertemuan
- Pendidik: Edi Krismi
- Sekolah: SMP ……
2. Kompetensi Awal
- Siswa memahami konsep dasar ajaran Islam.
- Siswa mengenali rukun Islam dan rukun Iman.
- Siswa dapat membaca dan memahami surat-surat pendek dalam Al-Qur’an.
3. Profil Pelajar Pancasila
- Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia: Memahami nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari.
- Bernalar Kritis: Menganalisis makna ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadis yang berhubungan dengan keimanan.
- Mandiri: Mampu menerapkan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan pribadi.
- Gotong Royong: Bekerja sama dalam memahami materi keagamaan.
- Kreatif: Menciptakan cara-cara baru dalam menghafal dan memahami ayat-ayat Al-Qur’an.
4. Sarana Prasarana
- Buku teks Pendidikan Agama Islam
- Al-Qur’an dan terjemahannya
- Media pembelajaran (papan tulis, proyektor, audio-visual)
- Lembar kerja siswa (LKS)
- Video pembelajaran (jika tersedia)
5. Target Peserta Didik
- Siswa kelas 7 yang telah memiliki dasar pemahaman tentang Islam dari pendidikan sebelumnya.
- Siswa dengan kemampuan bervariasi dalam membaca dan memahami Al-Qur’an.
6. Strategi Pembelajaran
- Pendekatan: Saintifik dan berbasis proyek
- Metode: Ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi kelompok, dan praktik ibadah
- Media: Buku teks, video, dan alat peraga
B. INTI
1. Capaian Pembelajaran
- Siswa memahami konsep dasar keimanan dalam Islam.
- Siswa mampu membaca dan menghafal surat-surat pendek dalam Al-Qur’an.
- Siswa dapat mengaplikasikan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.
2. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan rukun Islam dan rukun Iman.
- Siswa dapat membaca dan memahami makna surat-surat pendek dalam Al-Qur’an.
- Siswa mampu menerapkan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari.
3. Jenis Asesmen
- Asesmen Diagnostik: Mengukur pemahaman awal siswa terhadap konsep keimanan dalam Islam.
- Asesmen Formatif: Menilai pemahaman siswa selama proses pembelajaran melalui diskusi dan tugas kelompok.
- Asesmen Sumatif: Evaluasi akhir untuk menilai pencapaian siswa terhadap materi yang diajarkan.
4. Pemahaman Bermakna
- Siswa memahami bahwa keimanan adalah dasar utama dalam kehidupan seorang Muslim.
- Siswa menyadari pentingnya membaca, memahami, dan mengamalkan Al-Qur’an.
5. Pertanyaan Pematik
- Mengapa keimanan menjadi pilar utama dalam Islam?
- Bagaimana cara kita mengamalkan rukun Islam dalam kehidupan sehari-hari?
6. Kegiatan Pembelajaran dalam Beberapa Pertemuan
Pertemuan 1: Pendahuluan
- Absensi siswa
- Apersepsi: Tanya jawab tentang dasar keimanan dalam Islam
- Tujuan pembelajaran: Memahami dan menghafal surat-surat pendek dalam Al-Qur’an
Pertemuan 2-3: Inti Pembelajaran
- Sintak Pembelajaran:
- Guru menjelaskan konsep rukun Islam dan rukun Iman.
- Siswa membaca dan memahami makna surat-surat pendek.
- Diskusi kelompok tentang penerapan keimanan dalam kehidupan sehari-hari.
Pertemuan 4: Penutup
- Refleksi: Siswa menyampaikan pemahaman mereka terhadap materi.
- Kesimpulan: Guru menegaskan kembali konsep keimanan dan penerapannya.
- Evaluasi dan umpan balik.
C. ASESMEN
a. Soal Asesmen Diagnostik Non-Kognitif
- Bagaimana perasaanmu saat membaca Al-Qur’an?
- Apakah kamu sudah menerapkan rukun Islam dalam kehidupan sehari-hari?
b. Soal Asesmen Diagnostik Kognitif
- Sebutkan 5 rukun Islam dan 6 rukun Iman!
- Apa yang dimaksud dengan keimanan kepada Allah?
c. Soal Asesmen Formatif
- Jelaskan makna dari surat Al-Fatihah!
- Mengapa kita harus memahami isi Al-Qur’an?
d. Soal Asesmen Sumatif Beserta Jawaban
Soal:
- Tuliskan dan jelaskan rukun Islam secara lengkap!
- Sebutkan manfaat beriman kepada Allah dalam kehidupan sehari-hari!
Jawaban:
- Rukun Islam:
- Syahadat: Mengakui keesaan Allah dan kenabian Muhammad.
- Shalat: Ibadah wajib lima waktu dalam sehari.
- Zakat: Memberikan sebagian harta kepada yang membutuhkan.
- Puasa: Menahan diri dari makan dan minum di bulan Ramadan.
- Haji: Ibadah ke tanah suci bagi yang mampu.
- Manfaat beriman kepada Allah:
- Mendapat ketenangan batin.
- Menjadi pribadi yang lebih baik.
- Meningkatkan ketaatan dalam beribadah.
Soal Keterampilan/Praktik
- Bacakan surat pendek Al-Ikhlas dan jelaskan maknanya!
Soal Remedial dan Pengayaan
- Remedial: Siswa mengulang membaca surat-surat pendek dan menjelaskan maknanya.
- Pengayaan: Siswa mencari contoh hadis yang berkaitan dengan keimanan.
Refleksi Guru dan Siswa dalam Bentuk Tabel
Aspek | Refleksi Guru | Refleksi Siswa |
---|---|---|
Pemahaman | Seberapa baik siswa memahami materi? | Apa yang sudah kamu pahami dari materi ini? |
Keterampilan | Bagaimana praktik membaca Al-Qur’an mereka? | Apakah kamu mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an? |
Modul ini dirancang untuk mendukung pembelajaran berbasis pemahaman dan praktik dalam Pendidikan Agama Islam kelas 7.
0 komentar:
Posting Komentar