Sabtu, 15 Februari 2025

Contoh MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 7

Informasi Halaman :
Author : Edy Krismi di
Judul Artikel : Contoh MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 7
URL : http://ekhi04.blogspot.com/2025/02/contoh-modul-ajar-kurikulum-merdeka.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!

Assalamualaikum... Sobat Ekhi04
Dibawah ini kami sajikan contoh Modul Ajar yang dapat digunakan referensi dalam membuat modul ajar khusus untuk mapel Pendidikan Agama Islam...


ELEMEN 1

PENDIDIK: EDI KRISMI


A. INFORMASI UMUM

1. Identitas Modul (RPP)

  • Mata Pelajaran: Pendidikan Agama Islam
  • Kelas: 7
  • Elemen: 1
  • Jumlah Pertemuan: Beberapa kali pertemuan
  • Pendidik: Edi Krismi
  • Sekolah: SMP ……

2. Kompetensi Awal

  • Siswa memahami konsep dasar ajaran Islam.
  • Siswa mengenali rukun Islam dan rukun Iman.
  • Siswa dapat membaca dan memahami surat-surat pendek dalam Al-Qur’an.

3. Profil Pelajar Pancasila

  • Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia: Memahami nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari.
  • Bernalar Kritis: Menganalisis makna ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadis yang berhubungan dengan keimanan.
  • Mandiri: Mampu menerapkan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan pribadi.
  • Gotong Royong: Bekerja sama dalam memahami materi keagamaan.
  • Kreatif: Menciptakan cara-cara baru dalam menghafal dan memahami ayat-ayat Al-Qur’an.

4. Sarana Prasarana

  • Buku teks Pendidikan Agama Islam
  • Al-Qur’an dan terjemahannya
  • Media pembelajaran (papan tulis, proyektor, audio-visual)
  • Lembar kerja siswa (LKS)
  • Video pembelajaran (jika tersedia)

5. Target Peserta Didik

  • Siswa kelas 7 yang telah memiliki dasar pemahaman tentang Islam dari pendidikan sebelumnya.
  • Siswa dengan kemampuan bervariasi dalam membaca dan memahami Al-Qur’an.

6. Strategi Pembelajaran

  • Pendekatan: Saintifik dan berbasis proyek
  • Metode: Ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi kelompok, dan praktik ibadah
  • Media: Buku teks, video, dan alat peraga

B. INTI

1. Capaian Pembelajaran

  • Siswa memahami konsep dasar keimanan dalam Islam.
  • Siswa mampu membaca dan menghafal surat-surat pendek dalam Al-Qur’an.
  • Siswa dapat mengaplikasikan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.

2. Tujuan Pembelajaran

  • Siswa dapat menjelaskan rukun Islam dan rukun Iman.
  • Siswa dapat membaca dan memahami makna surat-surat pendek dalam Al-Qur’an.
  • Siswa mampu menerapkan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari.

3. Jenis Asesmen

  • Asesmen Diagnostik: Mengukur pemahaman awal siswa terhadap konsep keimanan dalam Islam.
  • Asesmen Formatif: Menilai pemahaman siswa selama proses pembelajaran melalui diskusi dan tugas kelompok.
  • Asesmen Sumatif: Evaluasi akhir untuk menilai pencapaian siswa terhadap materi yang diajarkan.

4. Pemahaman Bermakna

  • Siswa memahami bahwa keimanan adalah dasar utama dalam kehidupan seorang Muslim.
  • Siswa menyadari pentingnya membaca, memahami, dan mengamalkan Al-Qur’an.

5. Pertanyaan Pematik

  • Mengapa keimanan menjadi pilar utama dalam Islam?
  • Bagaimana cara kita mengamalkan rukun Islam dalam kehidupan sehari-hari?

6. Kegiatan Pembelajaran dalam Beberapa Pertemuan

Pertemuan 1: Pendahuluan

  • Absensi siswa
  • Apersepsi: Tanya jawab tentang dasar keimanan dalam Islam
  • Tujuan pembelajaran: Memahami dan menghafal surat-surat pendek dalam Al-Qur’an

Pertemuan 2-3: Inti Pembelajaran

  • Sintak Pembelajaran:
    • Guru menjelaskan konsep rukun Islam dan rukun Iman.
    • Siswa membaca dan memahami makna surat-surat pendek.
    • Diskusi kelompok tentang penerapan keimanan dalam kehidupan sehari-hari.

Pertemuan 4: Penutup

  • Refleksi: Siswa menyampaikan pemahaman mereka terhadap materi.
  • Kesimpulan: Guru menegaskan kembali konsep keimanan dan penerapannya.
  • Evaluasi dan umpan balik.

C. ASESMEN

a. Soal Asesmen Diagnostik Non-Kognitif

  1. Bagaimana perasaanmu saat membaca Al-Qur’an?
  2. Apakah kamu sudah menerapkan rukun Islam dalam kehidupan sehari-hari?

b. Soal Asesmen Diagnostik Kognitif

  1. Sebutkan 5 rukun Islam dan 6 rukun Iman!
  2. Apa yang dimaksud dengan keimanan kepada Allah?

c. Soal Asesmen Formatif

  1. Jelaskan makna dari surat Al-Fatihah!
  2. Mengapa kita harus memahami isi Al-Qur’an?

d. Soal Asesmen Sumatif Beserta Jawaban

Soal:

  1. Tuliskan dan jelaskan rukun Islam secara lengkap!
  2. Sebutkan manfaat beriman kepada Allah dalam kehidupan sehari-hari!

Jawaban:

  1. Rukun Islam:
    • Syahadat: Mengakui keesaan Allah dan kenabian Muhammad.
    • Shalat: Ibadah wajib lima waktu dalam sehari.
    • Zakat: Memberikan sebagian harta kepada yang membutuhkan.
    • Puasa: Menahan diri dari makan dan minum di bulan Ramadan.
    • Haji: Ibadah ke tanah suci bagi yang mampu.
  2. Manfaat beriman kepada Allah:
    • Mendapat ketenangan batin.
    • Menjadi pribadi yang lebih baik.
    • Meningkatkan ketaatan dalam beribadah.

Soal Keterampilan/Praktik

  • Bacakan surat pendek Al-Ikhlas dan jelaskan maknanya!

Soal Remedial dan Pengayaan

  • Remedial: Siswa mengulang membaca surat-surat pendek dan menjelaskan maknanya.
  • Pengayaan: Siswa mencari contoh hadis yang berkaitan dengan keimanan.

Refleksi Guru dan Siswa dalam Bentuk Tabel

Aspek Refleksi Guru Refleksi Siswa
Pemahaman Seberapa baik siswa memahami materi? Apa yang sudah kamu pahami dari materi ini?
Keterampilan Bagaimana praktik membaca Al-Qur’an mereka? Apakah kamu mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an?

Modul ini dirancang untuk mendukung pembelajaran berbasis pemahaman dan praktik dalam Pendidikan Agama Islam kelas 7.


Semoga bermanfaat...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di http://ekhi04.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar