Monday 22 April 2013

Jurnal Pembalik

Informasi Halaman :
Author : Edy Krismi di
Judul Artikel : Jurnal Pembalik
URL : http://ekhi04.blogspot.com/2013/04/jurnal-pembalik.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!
Setelah berakhirnya satu periode akuntansi, maka langkah  awal memasuki periode  akuntansi berikutnya adalah membuat ayat jurnal pembalik. Jurnal pembalik pada hakekatnya adalah jurnal untuk membalikan  ayat  jurnal  penyesuaian, artinya  jika  di  jurnal  penyesuaian  ayat  jurnal menunjukkan debit maka untuk jurnal pembalik ayat jurnal ini diletakkan sebelah kredit dan sebaliknya.  namun  tidak  semua  ayat  jurnal  penyesuaian  harus  dibalikan. Disamping itu pembuatan ayat jurnal pembalik ini bukan suatu keharusan tergantung sistem pencatatan akuntansi  perusahaan  dalam  hal  pengakuan  harta  atau  beban  dan  utang  atau  pendapatan atau dengan kata lain yang dibuatkan jurnal pembalik hanya beban   akrual    (beban  yang    ditangguhkan pembayarannya)   sehingga   muncul   utang   dan   pendapatan   akrual (pendapatan yang masih harus diterima) muncul piutang. Dasar penyusunan ayat jurnal pembalik adalah dari jurnal penyesuaian, indikator suatu ayat jurnal penyesuaian memerlukan jurnal pembalik adalah jika suatu ayat jurnal penyesuaian memunculkan akun riil yang baru (belum muncul di neraca saldonya).

Tujuan Pembuatan Jurnal Pembalik

Tujuan pembuatan jurnal balik ini adalah:
1. Untuk menyederhanakan pembuatan jurnal pada periode berikutnya. Pembuatan  jurnal balik  ini akan bermanfat jika perusahan  membuat jurnal yang banyak jumlahnya.
2. Meminimalkan kekeliruan yang mungkin terjadi (untuk menghindari pengakuan pendapatan dan beban berganda karena penyusunan AJP)

Jurnal Penyesuaian yang perlu dibuat Jurnal pembalik

Jadi dapat diuraikan bahwa Hal-hal yang memerlukan Jurnal Pembalik, antara lain:

1. Beban-beban yang masih harus dibayar.
2. Beban dibayar di muka (bila dicatat sebagai beban).
3. Pendapatan yang masih harus diterima.
4. Pendapatan diterima di muka (bila dicatat sebagai pendapatan).
5.Perlengkapan ( bila dicatat sebagai beban perlengkapan )
Secara lebih jelas lihatlah tabel dibawah ini (Klik Gambar Untuk memperjelas Tampilan):
Hakikat Jurnal Pembalik

Kesimpulan : 
Jurnal pembalik adalah jurnal untuk membalikan  ayat  jurnal  penyesuaian, artinya  jika  di  jurnal  penyesuaian  ayat  jurnal menunjukkan debit maka untuk jurnal pembalik ayat jurnal ini diletakkan sebelah kredit dan sebaliknya.  namun  tidak  semua  ayat  jurnal  penyesuaian  harus  dibalikan, dengan kata lain pembuatan jurnal pembalik adalah opsional (pilihan). Penyusunan jurnal pembalik bertujuan untuk  menyederhanakan pembuatan jurnal pada periode berikutnya dan meminimalkan kekeliruan yang mungkin terjadi.
 
Salam Sukses.....
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di http://ekhi04.blogspot.com/

0 komentar:

Post a Comment