Sunday 7 August 2016

Modul Tekni Jaringan Komputer_TKJ

Informasi Halaman :
Author : Edy Krismi di
Judul Artikel : Modul Tekni Jaringan Komputer_TKJ
URL : http://ekhi04.blogspot.com/2016/08/modul-tekni-jaringan-komputertkj.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!
Jaringan komputer adalah hubungan antara dua komputer atau lebih yang berada dalam suatu media transmisi sehingga dapat berbagi/bertukar data antara komputer satu dengan komputer yang lainnya. Tujuan utama dari jaringan komputer adalah agar setiap bagian dari jaringan tersebut dapat memberi ataupun meminta layanan. Masing-masing komputer yang ingin terhubung ke dalam jaringan harus memiliki kartu jaringan. Kartu jaringan tersebut akan dihubungkan ke media kabel ataupun nirkabel sebagai medium transmisi datanya. Selain itu, diperlukan juga perangkat lunak sistem operasi jaringan yang bertugas untuk membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Untuk menciptakan jaringan komputer dengan skala yang besar, maka diperlukan peralatan-peralatan tambahan seperti Bridge, Router, Switch, Hub, dan Gateway sebagai peralatan interkoneksinya. Nah, dari pengertian diatas, maka dapat kita simpulkan bahwa tujuan utama dibangunnya jaringan komputer adalah agar data/informasi yang dibawa oleh pengirim dapat sampai dengan tepat dan akurat kepada si penerima.


Manfaat jaringan komputer
Berikut kami rangkum beberapa manfaat jaringan komputer, diantaranya adalah:
  1. Dengan adanya jaringan komputer, maka proses pengiriman/transfer dapat dapat dilakukan dengan cepat, efisien dan biaya yang minim.
  2. File-file yang kita miliki dan file-file orang lain yang telah disebarluaskan diinternet dapat kita akses dengan cepat melalui jaringan komputer.
  3. Jaringan komputer membantu kita berhubungan/berkomunikasi dengan orang lain yang jaraknya jauh, misalnya antar negara ataupun antar benua.
  4. Pada jaringan komputer, teks, gambar, audio, maupun video dapat kita kirim secara real time.
  5. Dengan adanya jaringan komputer, maka peralatan-peralatan pendukung seperti printer dapat kita gunakan secara bersama-sama untuk komputer-komputer yang terhubung ke dalam jaringan tersebut.
  6. Jaringan komputer akan menjaga agar informasi tetap up-to-date dan andal dengan sistem penyimpanan data yang bersifat sentral (terpusat) serta dikeloa dengan sangat baik pada komputer server, sehingga pengguna akat dapat mengakses data dari berbagai tempat dan dapat membatasi akses ke data tertentu.
  7. Hemat biaya.

Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan jangkauannya.

1. Local Area Network (LAN)
Merupakan jaringan komputer yang memiliki ruang lingkup kecil, misalnya jaringan komputer dalam suatu ruangan, jaringan komputer dalam lingkup sekolah, kampus, ataupun kantor. 


2. Metropolitan Area Network (MAN)
Merupakan jaringan komputer yang agak lebih besar dari LAN, biasanya jaringan ini berada dalam satu kota dengan kecepatan transfer data tinggi yang mengkoneksikan beberapa kantor, sekolah, kampus, namun masih dalam satu wilayah kota. 


3. Wide Area Network (WAN)
WAN merupakan jaringan komputer yang sangat luas, jangkauannya bisa mencapai antar negara ataupun benua. Hampir semua komputer saat ini telah terhubung ke dalam WAN ini, misalnya saja jaringan internet.


Berdasarkan fungsinya, jaringan komputer dibagi menjadi 2 bagian, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Jaringan komputer peer to peer. Merupakan bentuk jaringan komputer dimana setiap komputer yang ada didalam jaringan tersebut berfungsi sebagai Client dan Server.
  2. Jaringan komputer Client Server. Merupakan jaringan dimana didalamnya terdapat satu komputer yang berfungsi sebagai server dan yang lainnya berfungsi sebagai client. Komputer server umumnya bertugas sebagai penyedia layanan dan komputer client sebagai pengguna layanan.

Berdasarkan toploginya, jaringan komputer dibedakan menjadi :
  1. Topologi Ring. Topologi ini merupakan topologi yang setiap komputer terhubung dengan komputer lain dan seterusnya sampai kembali lagi ke komputer pertama. Jaringan pada Topologi ini biasar berbentuk lingkaran dan berkomunikasi menggunakan data token dalam mengendalikan hak akses komputer untuk menerima data.
  2. Topologi Bus. Merupakan jenis topologi yang menggunakan satu kabel coaxial dan setiap komputer yang ada didalamnya akan terhubung dengan menggunakan konektor BNC. Untuk bagian akhir, kedua ujung kabel coaxial tersebut harus ditutup dengan sebuah terminator.
  3. Topologi Star. Topologi ini memiliki skema yang berbentuk lingkaran dengan sebuah hub atau switch sebagai pusat yang menghubungkan antar komputer di dalam jaringan. Jika kita hendak mengirim data dari komputer 1 ke komputer 2, maka kita harus melalui hub terlebih dahulu dan barulah data tersebut disalurkan ke komputer 2.
  4. Topologi Mesh. Setiap komputer yang berada dalam topologi ini akan terhubung langsung dengan komputer lain menggunakan kabel tunggal, akibatnya proses pengiriman data akan langsung menuju komputer tujuan tanpa melalui komputer lain ataupun switch atau hub.
  5. Topologi Tree. Secara konsep, topologi tree merupakan gabungan dari topologi star dengan topologi bus, sehingga setiap topologi star akan terhubung ke topologi star lainnya dengan menggunakan topologi bus.
Untuk mendownload ebook/modul/diktat pengantar jaringan komputer, silahkan klik link download dibawah ini:

Judul :Dasar-Dasar Jaringan Komputer
Bahasa : Indonesia
Penulis : Andi Micro
(DOWNLOAD)

Sumber : http://www.jakapramana.com
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di http://ekhi04.blogspot.com/

0 komentar:

Post a Comment